Sunday, January 18, 2015

Nge-PATH buat apa

PATH.

Social media baru yang lagi ngehitz. Tapi dasarnya gue emang orangnya agak-agak kekinian, jadi gue udah punya path sejak 2 tahun yang lalu. Di saat semau orang sibuk punya bb baru, gue udah ninggalin bb dan fokus ke android. *nah lo salah fokus*

Seseorang yang sedang beraktivitas di social media Path ini, kegiatannya disebut nge-Path. Nah tujuan nge-PATH buat apa sih?

Oke, gue coba merenung dari diri sendiri, pengamatan, dan wawancara dengan temen-temen. Dan gue simpulkan, ada 4 tujuan dari aktivitas nge-PATH itu sendiri. 

Satu, Mencurahkan pemikiran, alias NYAMPAH. Ini sih biasanya sifat kebawa dari twitter dimana kalau di twitter itu nyampah enak banget ya. Secara karakternya cuma bisa menampung 140 aja, trus bisa ngetuit nya kita jadi banyak banget. Ini banyak sih gue lihat dari temen-temen gue, yang (masih aja) bahas tentang pilpres kemarin (iye sampe detik ini), yang kesel karena supir angkot, kesel karena mantan, yang ngepos foto mantan (iya ada, gak diblur), dan post atau istilahnya thought di PATH yang menurut gue gak memberikan benefit apapun, kecuali bisa melegakan perasaan aja. Tapi menurut gue enggak sih, soalnya, dengan nyampah di PATH berarti seisi dunia PATH tau permasalah lo. Well, gue sih gak terlalu peduli kalo itu cuma sebatas lo lagi tersiksa kangen mantan. 

Dua, Menunjukkan pada dunia, alias PAMER. Ini yang lagi ngehitz banget. Fitur check in di PATH itu lo. Beberapa hari yang lalu, gue makan sama beberapa temen. Sampe rumah makan, duduk, kan pesen dulu kan ya harusnya, malah sibuk sama hape masing-masing. Setelah gue intip2, ternyata pada check in di PATH dulu. Ini juga kebawa sifatnya dari para pengguna Foursquare pasti yaaa. Ya, kalau gue sih, misal siang-siang gue checkin di GI untuk lunch, ya gue ngerasa bangga juga sih, hahaahahaha, gak ada yang salah. Nah pemikiran gue adalah entah kenapa orang endonesia kalo misal naik GARUDA pasti checkin nya di Terminal 2F sedangkan kalo naik maskapai lain, check in nya di Soekarno Hatta International Airport. Heloooo, iya lebih keren kalo ketauan naik GARUDA. Ada juga, yang kalo tiketnya Garuda juga diupload, tapi kalo yang lain kagak, palingan foto starbucks dengan status hiks delay lagi. Iya, adaaaa... 

Tiga, Stalking alias KEPO. Kegiatan ini meningkat semenjak notifikasi visit dihilangkan. Yes. Kepo is menyenangkan. Apalagi kalo yang dikepoin banci PATH atau meng-ibu-kan PATH karena dikit-dikit yang dia lakukan, dilapor (diupdate) di path *berasa wajib lapor polisi*. Kepo paling menyenangkan ya KEPO gebetan. Kenapa bukan mantan? Soalnya, kalo mantan biasanya udah remove friend dari path. hahahaha. Dari kegiatan kepo, kita bisa tau, *khusus kalo gebetannya banci path* dia tinggal di mana dari a few momentago from West Jakarta misal, atau bisa tau kerja dimana, bisa tau sukanya denger lagu apa, bisa tau siapa temen-temennya dia. Tapi kalo orangnya ga suka nge-Path, ya misteri ya tetaplah menjadi misteri hahahaha.. 

Empat, Cari perhatian alias NGODE. Ngode ini selain dari thought juga bisa dari lagu lo. Misal, curcol lebih lagu yang kita update gitu. Misalnya, sok-sokan listening to lagu kesukaannya dia, biar dikomen atau di love, di smile, dll.. Wkwkwkwkwk... Well pengalaman gue sih, kadang gue lagi ga ndengerin lo, tapi gue play play aja di Path *sok-sokan* soalnya dalam kondisi ngode hahahaah.. 

Oya, suatu hari gue ngintip mbak-mbak di angkot lagi buka Path nya, dan dia ngelihatin satu-satu siapa yang see pathnya. Iseng banget menurut gue, tadinya. Tapi ternyata ada temen kantor yang juga melakukannya. Setelah gue pikir-pikir mendalam, mungkin itu dia sedang follow up apakah ngodenya berhasil di lihat apa enggak. Hahaha..

*Eniwe, ada juga temen yang nge-PATH untuk jualan, tapi somehow menurut gue ini kurang appropriate untuk jualan di-PATH.

Sekian.

Regards,
sepatubalet